Breaking

Wednesday, May 16, 2012

Pelabelan Blog

Rencana saya, seluruh post yang saya masukkan dalam blog ini akan dibagi dalam berbagai label (tag) untuk memisahkan konten satu tulisan dengan tulisan lain. Satu post bisa jadi mengandung konten campuran sehingga pelabelan menjadi bertumpang tindih. Tapi, untuk mudahnya, pelabelan akan mengacu kepada konten mayoritas.

Beberapa label (tag) yang sudah saya bayangkan adalah:


1. Entrepreneurship
Post ini berisi segala hal yang berkaitan dengan pembangunan usaha bisnis: bagaimana membangun dan merintis suatu usaha baru dalam, baik kaidah, langkah, ataupun persoalan-persoalannya. Kajian bisa ringkas, praktis, atau bahkan ilmiah. Ide yang diposting disini bisa saja diambil dari pberbagai pemikiran para entrepreneur kelas dunia.

2. Leadership
Post ini berisi tentang segala hal yang berkaitan dengan bagaimana memimpin, baik memimpin diri sendiri ataupun memimpin orang lain. Memimpin diri sendiri artinya mengubah mindset, menata pikiran, menata emosi, mengatur waktu diri sendiri. Memimpin orang lain artinya memotivasi, mendidik, mengarahkan, serta megubah jalan hidup orang lain, baik secara orang perorang atau secara komunal.

3. Learnership
Posting ini berisi segala hal tentang aktifitas pikiran dalam mengenali, menyerap , dan mengolah informasi. Tercakup di dalam label ini semua teknik berpikir kritis, kreatif dan inovatif, teknik membaca, teknik menulis, teknik menghafal, teknik menyimak, dan teknik mencatat.

4. Manajemen
Posting dengan label ini berisi segala hal tentang penerapan teori dan teknik manajemen  moderen yang terkenal dengan empat kuandran menajemen: planning, organizing, leading, dan controlling. Secara divisional, manajemen dapat dibagi menjadi menajemen operasi, produksi, proyek, pemasaran, sumberdaya manusia, teknologi, dan keuangan.

5. Teknologi
Posting ini berisi tentang sains dan teknologi serta kaidah-kaidah dasarnya. Kajian teknologi meliputi seluruh cabang engineering dan sains yang merupakan bagian yang tak terpisahkan dari teknologi.

6. Fiksi
Posting ini berisi renungan, imajinasi, fantasi, dan perasaan yang tertuang dalam bentuk cerita, baikti itu cerita pendek, novel, roman, atupun puisi.

7. Tasawuf (Spiritualisme)
Posting ini berisi tentang segala hal tentang Tuhan. Tercakup di dalamnya segala renungan dan kontemplasi tentang hal yang dikaitkan dengan Tuhan dan kehendak-kehendak Tuhan.

8. Humaniora (Kemanusiaan dan Kemasyarakatan):
Posting ini berisi tentang manusia dan kemanusiaan, masyarakat dan kemasyarakatan. Tercakup di dalamnya tentang perilaku, idiologi, budaya, pendidikan, politik, hukum, pertahanan, perlawanan, peperangan, kerjasama, keamanan.

9. Ekonomi
Posting ini berisi tentang segala hal yang berkaitan dengan uang, moneter, investasi, industri, perdagangan, energi, dll.

10. Biografi
Posting ini berisi biografi orang-orang terkenal, tokoh, atau yatau dikenal.
ang ditikohkan.

11. Memoar (Autobografi): berisi tentang memoar hidup saya sendiri.

12. Travel
Post ini  bercerita tentang tempat yang pernah dikunjungi dan berbagai peristiwa dan kenangan yang berkaitan dengan tempat itu.

13. Resensi
Post dengan label ini berisi ulasan dan analisa tentang buku, foto, video, pentas, gallery, atau film.

14. Kepenulisan (Writership)
Post ini berisi segala hal tentang bagaimana suatu susunan bahasa tertulis dengan seluruh gayanya disusun orang untuk menyampaikan pikiran, informasi, pengetahuan, ataupun khayalan. Seluruh gaya yang dimaksud termasuk adalah jurnalistik, saintifik, akademis, bisnis, ataupun fiktif.


No comments:

Post a Comment