Breaking

Thursday, July 12, 2018

Menggambar untuk Kreatifitas

Salah satu cara mengasah kreativitas adalah mengasah otak kanan.

Latihannya sederhana. Ambil kertas dan arang atau pensil. Duduk dengan rileks. Perhatikan satu objek di depan Anda, lalu gambarlah. Biarkan lengan Anda digerakkan oleh otak Anda ketika otak itu mempersepsi objek yang anda gambar.

Gambarlah setiap garis, lengkung, dan bidang yang benar-benar Anda lihat, bukan menggambar yang Anda pikir Anda lihat. Gunakan otot lengan, bukan otot pergelangan. Itu ilmu dasar yng saya peroleh dari Francine Lawrence dan Susie Hoyle pada kelas mengambar pagi ini, bertempat di Arts Theatre, City Academy, London.

Ketika masih anak-anak dulu, mrnggambar adalah kegemaran saya. Saya selalu menggambar gunung Merapi dan Singgalang yang di depannya terbentang sawah yang luas. Ada jalan berumput, ada pedati. Ada kapal terbang fna awan. Entah bagaimana, kerbiasaan menggambar itu terhenti begitu saja. Barangkali ada sangkaan kalau menggambar hanya untuk anak-anak.

Apa boleh buat, hari ini belajar kembali menggambar. Persepsi bahwa menggambar sangat kekanak-kanakan harus dibasmi. Saya kira saya siswa tertua di City Academy untuk kelas Speed Drawing. Eh, ternyata, nenek Kristy dan kakek Buck yang menjadi kawan sekelas saya usianya masing-masing 78 dan 79 tahun. Haruskah saya malu? Oh, no.

No comments:

Post a Comment