Breaking

Thursday, July 12, 2018

Pelatihan Mind Mapping

Apa itu mind mapping? Secara rinci dapat Anda baca di puluhan buku dan puluhan artikel yang ditulis oleh penemunya, Toni Buzan.

Tapi secara sederhana bisa dijelaskan seperti berikut.

Dalam kehidupan, manusia sering menyepelekan masalah pikiran mereka, jika ada kesalahan, mereka langsung mengganggap mereka bodoh.

Padahal pikiran Anda tidaklah bodoh, dan mungkin jika Anda pernah mendengar kata mind mapping, Anda akan tau bagaimana pikiran Anda menyampakain informasi yang begitu rumit untuk dijelaskan dengan mudah.

Mind mapping atau peta pikiran merupakan suatu cara yang digunakan untuk mempelajari suatu konsep berdasarkan bagaimana manusia menyimpan berbagai informasi kemudian menjabarkan informasi tersebut kedalam suatu metode.

Metode dalam pemahaman peta pikiran ini sangat efektif untuk mengetahui sejauh mana otak dalam menyimpan informasi. Manusia memang dikarunia kemampuan dalam hal penyimpanan otak yang berbeda-beda. Namun pada dasarnya otak bekerja untuk menyimpan dan menjabarkan informasi dari sumber dengan pola yang hampir sama.

Otak kita, menyimpan informasi pada sel saraf yang bercabang-cabang dan jumlahnya memang cukup banyak. Jangan pikirkan bahwa otak akan menyimpan informasi pada sel saraf yang berbentuk kotak dan tersusun sangat rapi. Otak akan menyimpan informasi yang didapatkannya pada sel sarat yang tidak beraturan dan bercabang.

Mind mapping memberikan gambaran bahwa ketika kita menyimpan informasi yang hampir sama dengan cara kerja otak, hal ini akan jauh lebih baik. Informasi yang tersmpan pada otak yang disimpan dengan baik akan memberikah hasil yang lebih baik untuk proses belajar Anda. Mind mapping difungsikan sebagai cara untuk menuliskan bagian utama dari titik tengah dan juga memikirkan cabang-cabang ataupun tema turunan yang keluar dari titik tengan yang dimaksudkan tersebut.

Mempelajari bagaimana membuat mind mapping memang bukan hal yang sulit namun bukan pula hal yang mudah jika Anda belum pernah mencobanya. Membuat mind mapping atau membuat peta pikiran adalah hal yang paling baik untuk menjadikan pikiran Anda semakin berkembang dalam mempelajari sesuatu.

No comments:

Post a Comment