Breaking

Tuesday, September 7, 2010

Shalat


Shalat adalah tiang agama. Menegakkannya dipandang telah menegakkan agama. Meninggalkannya berarti telah meninggalkan agama. Itulah sebabnya mengapa shalat menjadi fokus paling besar dalam Islam setelah mentauhidkan Allah. Shalat diperintahkan kepada Rasulullah di awal kerasulannya sebelum da'wah serta tugas-tugas lainnya diperintahkan karena shalat dipandang sebagai asas seluruh amal dan ketaatan kepada Allah.
Secara lahiriah, shalat hanya terdiri dari rangkaian ucapan pendek-pendek yang dilakukan mengiringi suatu rangkaian gerakan tubuh, mulai dari takbir sambil beridiri hingga salam sambil duduk. Tapi, secara bathiniah shalat adalah satu bentuk komunikasi intensif antara seorang hamba dengan Allah. Melalui shalat, seorang hamba menyampaikan puja dan pujinya kepada Zat yangmenguasai dirinya, yaitu Allah SWT.
Seseorang dalam shalatnya sengaja berdiri dalam keadaan suci lahir dan batin di atas alas yang suci berpakaian yang juga suci. Ia menghadapkan wajahnya seolah-olah kepada Allah, seraya menyampaikan ikrar, pujian, takbir, tahmid, syahadat, ta'awudz, tilawah Alquran, do'a, tahyat, dll. Secara lahirian dia tidak melihat Allah. Orang lain pun hanya melihat dia berdiri menghadap ke arah dinding sambil berkomat kamit, kemudian rukuk, sujud, atau duduk. Walaupun demikian, secara batiniah dia sedang bercakap-cakap dengan Allah dalam suatu perjumpaan yang sangat privasi.Itulah shalat.
Dari awal sampai akhir, dia meleburkan rasa harap, cinta dan rinduNya kepada Zat yang sangat ditakuti dan digeruninya itu. Hatinya menghadap Allah secara <em>khusu'</em> dan takut karena begitu yakinnya ia dengan perjumpaan itu. Dadanya gemuruh sehingga barangkali lafaznya terbata-bata karena ketakutan itu.
Walaupun hanya memakan waktu beberapa menit untuk setiap kali shalat dan hanya terjadi lima kali dalam sehari semalam, shalat itu sedemikian penting sehingga meninggalkannya dianggap dosa besar. Allah menjadikan shalat sebagai amal yang pertama di periksa di yaumul akhir. Allah menolak amal orang yang meninggalkan shalat. Dalam pandangan Allah, kesolehan suatu amal tergantung dari shalatnya.
Makna terbesar shalat bukan terletak pada gerakan lahiriahnya itu. Gerakan itu hanya sekedar wadah bagi sebuah aktifitas ruhaniah. Bahkan bagi yang tidak mampu melakukan gerakan-gerakan tertentu, seperti tidak bisa berdiri karena sakit, boleh diganti duduk. Tapi tidak ada toleransi bagi khusu'. Allah menunutut setiap shalat yang dilakukan mesti dalam keadaan khusu'. Walaupun khusu' itu berat, ia mesti diperjuangkan dan diupayakan semaksimal mungkin. Allah mau setiap shalat merupakan pertemuan yang paling syahdu tanpa gangguan konsentrasi. Semua hal yang akan mengganggu kekhusu'an mesti ditepis sejak awal.
Secara ruhaniah, shalat adalah zikrullah dan munajat. Seorang yang shalat adalah seseorang yang sedang mengetuk pintu belas kasihan Allah pada dirinya. Dia datang menghadap Allah sebagai hamba yang tak berdaya pada jadwal-jadwal yang telah Allah tetapkan. Tanpa disiplin diri, seseorang akan kehilangan momen indah dalam memuja, memuji, dan berikrar di hadapan Allah SWT pada saat yang paling tinggi nilainya itu.
Begitu besar pengaruh gerakan ruhaniah shalat, sampai-sampai orang yang mampu mengerjakannya secara istiqomah, akan tercegah dari keji dan mungkar. Di akhirat, dia termasuk orang paling bahagia. Setiap masuk waktu shalat diserukan agar manusia memburu shalat sebagai pintu menuju kebahagiaan (al falah. Rasulullah meminta kita mengajarkan resep kebahagiaan ini kepada anak-anak kita sejak mereka masih kanak-kanak sebagai hadiah terbesar orang tua pada anaknya. Mudah-mudahan, dengan shalat dia akan raih kabahagiaan di dunia dan lebih-lebih lagi di kahirat.
Ingin bahagia dunia akhirat? Mari, sempurnakanlah shalat.
Wallahu a'lam
Bagaimana pendapat Anda?

 
  • Yus Sudarso, Ersis Warmansyah Abbas Tiang agama ... sambungan manusia dan Pencipta ...
    Monday at 9:57am · LikeUnlike ·

    Wuryaningsih Budiastuti and 2 others like this.

  • Andi Budiman Amin ! Makin Mencerahkan ! Trima kasih .
    Monday at 10:10am via Jufran Helmi
    @Pak Ersis. Ya begitu
    @Andi. Semoga ada manfaatnya.
    Monday at 10:11am · LikeUnlike ·

    Facebook Mobile · LikeUnlike ·

  • Erryk Kusbandhono Sholat hanya dikerjakan secara seremonial saja tdk cukup, dibutuhkan kekhusu'an agar membekas dlm kehidupan..
    Monday at 4:52pm via Jufran Helmi
    @Erryk. Dia disebut shalat justru karena ada khusu'nya itu.
    Monday at 7:20pm via Yogaswati Dewi Mudah-mudahan saya dan keluarga pun dapat menympurnakan shalat. InsyaAllah.. Amin.. Terimakasih telah menngingatkan.
    Tuesday at 11:54pm · LikeUnlike ·

    Facebook Mobile · LikeUnlike ·

    Facebook Mobile · LikeUnlike ·

  • Jufran Helmi
    @Yogas. Amiin. Demikian juga do'a Nabiullah Ibrahim dulu, " Wahai Tuhan, jadikanlah aku penegak shalat, juga anak keturunanku."
    Yesterday at 12:32am · LikeUnlike ·

  • Jusuf Fateh Bismillaah,Harapan seorang kekasih kepada Kekasihnya adalah keralaan, keinginan seorang kekasih kepada Kekasihnya adalah perjumpaan. Semoga kita dianugerahi kemanisan dalam beribadah, sebagaimana mereka yang terdahulu merindui-Mu.
    Yesterday at 12:38am · LikeUnlike ·

  • Jufran Helmi
    @Yusuf. Ya itulah, Suf. Shalat mestinya momen yang paling dirindukan. Bagaimana mungkin seorang kekasih tak rindu berjumpa kekasihnya. Dan bagaimana mungkin seorang kekasih tak mempersiapkan perjumpaannya dengan kekasih yang dirindunya itu.
    Yesterday at 12:46am · LikeUnlike ·

  • Jusuf Fateh
    @Pak Jufran : Karena begitu banyak khazanah yang mengisi cawan hati kita, hingga rindu yang hakiki terselubung oleh rindu yang palsu dan fana. Perlu ditegaskan dan diingatkan dari waktu ke waktu tujuan penciptaan kita yang sebenarnya : 'be...
    See MoreYesterday at 12:52am · LikeUnlike ·
  • Jufran Helmi
    @Yusuf. Sebagai seorang manusia yang dikerubungi hawa nafsu, mujahadah itu sangat tinggi nilainya di hadapan Allah.
    Yesterday at 12:56am · LikeUnlike ·

  • Jusuf Fateh
    @Pak Jufran: Ya Syeikh, disitulah proses takwa berlangsung. Yang menyerah akan merugi, yang berjuang dan berkorban sungguh-sungguh akan mengecap manisnya buah Iman.
    Yesterday at 1:00am · LikeUnlike ·

  • Jufran Helmi
    @Yusuf. Mantap. lagi i'tikaf nih?
    Yesterday at 1:03am · LikeUnlike ·


  • Jusuf Fateh Heheh semoga Allah perkenankan ( i'tikaf ) Syeikh :)
    Yesterday at 1:05am · LikeUnlike ·



No comments:

Post a Comment