mencatat hikmah kehidupan yang luput atau terluputkan

Sunday, September 20, 2015

Kerajinan Arklirik di Prabumulih



Satu potensi tersembunyi Prabumulih yang belum terkespos keluar adalah pusat kerajian tangan yang berada di Jalan RA Kartini No.1, Prabujaya. Di sini diproduksi berbagai kerajinan tangan berbahan baku manik-manik akrilik dalam bentuk tas, dompet, bunga, kotak tissue, boneka, dan berbagai bentuk kreatif lainnya. Kombinasi berbagai bentuk manik --ada yang bulat, pipih, lengkung, dll-- dan kombinasi warnanya sangat memukau.

"Saya membuatnya sendiri dengan tangan," aku Susanti yang mengelola pusat kerajinan ini.

Selama ini, produk ini baru diketahui oleh beberapa orang tertentu yang memang sangat berminat dengan karya seni. Menurut saya, produk seperti ini sangat layak diperkenalkan ke luar, ke masyarakat luas, bukan saja Prabumulih, tapi juga Palembang,  Jakarta, atau kota-kota lainnya. Bahkan, ke manca negara. 

Sebagai sebuah karya seni, produk-produk ni sangat eksklusif. Satu produk dibuat telaten dengan mengambil waktu sampai satu minggu. Di masa sulitnya okonomi kita mengimport barang-barang sekarang ini karena harga dollar yang tinggi, seharusny produk ini layak menjadi andalan ekonomi Indonesia untuk eksport.

Saya ambil beberapa jenis produk ini untuk saya bawa ke Jakarta hari ini. Mudah-mudahan, produk ini bisa saya daftarkan pada event INACRAFT 2016 mendatang. Semoga masyarakat Indonesia mengenal satu lagi karya putra-putri Indonesia.

Untuk yang ingin mengenal lebih lanjut, silakan berhubungan langsung dengan Santi: 0858 3826 6359, Pusat Kerajinan Manik-Manik Akrilik, Jl. RA Kartini No. 1, Prabujaya, Prabumulih.

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Face, simplified

Face, simplified

About Me

My Photo
Jakarta, Indonesia
Lahir di kaki gunung Marapi, Bukittinggi 29 Nopemeber 1962. Hidup telah berpindah-pindah dan telah bertemu dengan banyak manusia. Senang membaca dan menulis. Senang bekerja dalam bentuk tim.

Categories

Followers

Total Pengunjung

    Social Icons

    twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail