Breaking

Thursday, August 26, 2010

Dienul Islam


Islam, walaupun kita sebut agama, ia bukanlah agama seperti yang banyak dipahami orang. Ada yang memahami agama sebagai sebuah ideologi. Ada yang memahami agama sebagai sebuah proses ritual.
Islam adalah sebuah sistem hidup, yang dalam AlQuran disebut <em>ad-dien</em>, atau dengan lengkapnya <em>Dienul Islam</em>. Agama ini bukan ideologi ataupun proses ritual. Agama ini sistem hidup yang berasal dari Allah, pencipta hidup manusia itu sendiri. Allah mengajarkan agama ini kepada manusia dengan perantaraan wahyuNya melalui orang pilihanNya, yaitu Muhammad RasulullahSAW. Rasulullah kemudian menyampaikan wahyu tersebut baik secara verbal maupun prkatek langsung. Beliau mendemonstrasikan Islam dalam kehidupan nyata agar manusia dapat meniru.
Wahyu yang berasal dari Allah itu adalah Al-AlQuran, sedangkan tafsiran dan metodologi pelaksanaannya berasal dari Rasulullah yang dinamakan As-Sunnah. Hanya dua sumber itu yang menjadi sumber Islam. Walaupun Ijtihad diizinkan untuk dijadikan sumber ketiga setelah As-Sunnah, ijtihad mesti dilakukan dalam kaidah yang benar berdasarkan Al-Quran dan As-Sunnah. Tidak semua orang boleh melakukan ijtihad.
Selain Allah mendatangkan agama itu untuk manusia, di dalam diri manusia telah Allah tanamkan pula fitrah berupa rasa perlu kepada agama. Selanjutnya, manusia dibekali pula dengan daya aqal untuk mencari, memahami, meyakini, dan akhirnya mengamalkan agama itu dalam kehidupannya. Betapapun dalam diri manusia ada daya lain yang membawa jiwa manusia mengelakkan agama, daya itu tidak bersifat permanen. Kebahagiaan dan ketenangan hidup manusia tetap terletak pada berlakunya agama dalam hidupnya.
Tanpa agama manusia binasa.
Tanpa ilmu manusia buta.
Tanpa iman manusia sengsara.
Tanpa ukhuwah manusia tersiksa.

 
Wallahu a'lam
Bagaimana pendapat Anda?

 
  • Erryk Kusbandhono Note yg simple tapi berisi. Ad-diinu nashihah (nasehat)..
    August 30 at 8:33am via Fajar Din Syukron Pak Juf, tausyiahnya
    August 30 at 11:19am · LikeUnlike ·

    Facebook Mobile · LikeUnlike · 1 personLoading... ·

  • Jufran Helmi
    @ Erryk. semoga bermanfaat.
    @ Pak Fajar. Tulisan Pak Fajar ditunggu
    August 30 at 1:45pm · LikeUnlike ·

  • Jufran Helmi
    @ Bu Nung. Silakan mengopi sepanjang tidak ngopi (minum kopi). Ini kan lagi puasa.
    @Marieska. Tunggu yg berikutnya.
    August 30 at 1:50pm · LikeUnlike ·

  • Ersis Warmansyah Abbas Saya memilih perjuangan sisi, bukan hanya bentuk
    August 30 at 7:29pm · LikeUnlike ·


  • Jufran Helmi
    @Pak Ersis. Ya Pak.
    August 30 at 8:35pm · LikeUnlike ·





No comments:

Post a Comment